Apa Itu Artikel Evergreen? Kenali Ciri dan Contohnya

Apa itu artikel evergreen?


Apa itu artikel evergreen? Secara garis besar artikel evergreen adalah jenis konten yang tetap relevan dan dicari oleh pembaca dalam jangka waktu yang lama. Istilah "evergreen" sendiri berasal dari bidang kehutanan, yang mengacu pada jenis pohon yang daunnya tetap hijau sepanjang tahun, tidak peduli musim apa yang sedang berlangsung. Dalam konteks konten online, artikel evergreen memiliki sifat yang sama: mereka tetap segar dan berguna tanpa memandang perubahan waktu.


Ciri-ciri artikel evergreen itu apa aja sih?

Relevansi Jangka Panjang

Artikel evergreen sendiri lebih membahas tentang topik atau informasi yang tidak cepat usang dan masih relevan bahkan setelah berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun setelah diterbitkan.

Nilai Informasi

Artikel ini mengandung informasi yang bermanfaat dan dapat memberikan pemahaman mendalam kepada pembaca. Artikel evergreen sering memberikan solusi untuk masalah yang umum terjadi atau memberikan panduan dengan cara yang praktis.

Pencarian yang Konsisten

Artikel evergreen biasanya terus dicari oleh orang-orang di mesin pencari, membantu menjaga lalu lintas situs Anda seiring waktu.

Minim Tanggal dan Rujukan Temporal

Artikel evergreen juga cenderung menghindari penggunaan tanggal atau referensi khusus terhadap peristiwa tertentu yang dapat membuatnya tampak usang seiring berjalannya waktu.


Contoh artikel evergreen sendiri meliputi panduan langkah-demi-langkah tentang cara melakukan sesuatu, penjelasan mendalam tentang konsep tertentu, dan informasi yang lebih umum dan sifatnya abadi. Seperti artikel ini misalnya.

Artikel evergreen juga memiliki manfaat jangka panjang bagi pemilik situs atau blog karena mereka terus menghasilkan lalu lintas dan keterlibatan pembaca seiring berjalannya waktu, tanpa memerlukan perubahan besar atau perbaruan secara berkala.